Rabu, 10 Agustus 2011

Caeya-Caeya Versi Bahasa Jawa


Caeya-Caeya Versi bahasa Jawa
            Jam pelajaran fisika merupakan jam pelajaran yang paling bikin boring anak-anak kelas XII IPA 4. Padahal sih gurunya gak galak. Tapi anak-anak tetep gak semangat saat pelajaran fisika berlangsung.  Nggak tau penyebabnya apa kok mereka sampek boring banget pas jam pelajaran fisika. Mungkin karena otak anak-anak kelas XII IPA 4 aja yang terlalu dangkal buat mikir pelajaran fisika. Otak anak-anak kelas ini emang selunak batok kelapa. Penjelasan dari guru hanya masuk kuping kanan keluar kuping kiri lalu menguap lewat mulut, akhirnya tidur deh. Disaat saat virus keboringan menyerang, mereka mencari kegiatan-kegiatan untuk menghilangkan boring. Ada yang SMS-an, Facbook-an, ngegosip, makan, minum, bahkan ada yang tiduran sambil membuat sketsa benua Asia pakek iler sambil ngorok. Dan pastinya semua kegitan itu merupakan kegiatan ilegal saat pelajaran berlangsung. Aku sendiri punya kegiatan untuk ngilangin boring. Aku SMS-an sama Elsa.
“ Elsa..”
“ Ada apa Pek? Wor gila beneran nih.”
“ Masukin aja ke RS jiwa Sa atau buang ke kali aja Sa.”
Abis SMS-an aku bikin gambar karikatur temen-temenku. Aku gambar wajah Eva dan Regi sesuai dengan orangnya yang cantik. Untuk gambar karikatur Yunita alias Wor aku buat bodynya mirip bina ragawan gitu. Soalnya Wor emang punya tubuh kayak gitu. Wor orangnya gotot, kuat, gagah perkasa. Otot bisep sama trisepnya udah kayak mau meledak aja. Selesai bikin karikatur, aku kasih liat karikatur itu ke Wor. Alangkah terkejutnya Wor ngeliat gambar dirinya yang mirip ayam bangkok kena flu burung stadium empat. 
            Abis ngakak gara-gara gambar, Wor malah nyuruh aku nyanyiin Caeya-Caeya ala Briptu Norman.
“ Nopek nyanyiin Caeya-Caeya dong!”
 Emang beberapa bulan yang lalu Briptu Norman booming banget dengan lagu Caeya-caeya. Semua infotainment di TV ngeliput Briptu Norman. Aku pun mau melaksanakan perintah gila itu. Dengan pede aku niru gaya Briptu, hanya aja lagu Caeya-Caeya aku ganti liriknya menjadi bahasa Jawa kayak yang dinyanyiin Soimah Pancawati. Gini nih liriknya:
            “ Tukini bojone Cahyo...Cahyo...  Tukini bojone Cahyo...Cahyo...”
            Ternyata eh ternyata aku dapet respon luar biasa saat nyanyaiin lagu itu. Semua anak-anak yang duduk di deretan bangku paling timur ngakak semua. Mereka malah ngerequest aku buat nyanyi lagi. Yo wis aku nyanyi lagi. Oh... nasib ya nasib, aku dijadiin dagelan instan sama anak-anak. Keboringan mereka pun ilang dalam itungan detik. Tapi aku malah berpikir kok bisa-bisanya ya mereka suka sama gaya nyanyi caeya-caeyaku? Mungkin gaya nyanyiku itu mirip orang epilepsi kesetrum tiang listrik. Barangkali iya.... Eh apaan tuh barang kali? Batu, kerikil, pasir, kuning-kuning yang mengambang...de el-el. Duh kok malah membahas barang kali sih..!!!
***
            Ok kembali ke permasalahan. Setelah sukses jadi bahan dagelan, aku punya julukan baru yaitu “TUKINI”. Temen-temen sekarang  manggil aku dengan sebutan itu. Padahal nama Tukini itu kan terkesan ndeso banget. Huuhhhh...mereka bener tega mengganti nama aku tanpa dibrokohi dulu. Pagi-pagi saat aku datang sekolah Si Rizal nyapa aku.
            “ Hai Tukini.”
            Lima belas menit kemudian...
            “ Eh...ada Tukini.” Celetuk Dilla.
            Beberapa jam kemudian...
            “ Nopek Tukini.” Ledek Re.
            Gila responnya kok sebegini seriusnya. Aku pun punya usul.
            “ Wah... kalo dimasukin ke youtube bisa kondang mendadak nih.”
            Si Regi malah punya usul yang lebih gila.
            “ Iya. Kita nyanyi Caeya-Caeya satu kelas dengan bahasa Jawa trus masukin ke youtube deh. Oh... iya, tentunya pakek gaya Briptu juga.
            Aku ngakak abis ngedenger ide itu. Tapi seru juga sih kalo anak-anak satu kelas nyanyi itu trus dimasukin youtube. Tambah seru lagi kalo ceweknya nyanyi pakek kebaya dengan model rambut sanggulan. Trus yang cowok pakek blangkon gitu deh. Kalau kita jadi melaksanakan ide itu pasti ujung-ujungnya kita dijadiin penghuni RS Jiwa.
                                                                              ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar