Senin, 05 September 2011

Review Novel Perahu Kertas

OK... Kali nih aku maw ngebahas dikit soal buku gitu deh...
Gile udah kayak resentator beneran ajah. Padahal resentator picisan bau kencur busuk. Ya dah daripada ngeresensi mendingan ngereview aja deh ya..!!!!!!

Dan yang maw aku review kali ni adalah novel perahu kertas. Jujur baru kali pertama ni aku baca bukunya Dee. Aku emang belom pernah baca supernova yang kondang abis itu. Tapi waktu baca pesawat kertas. Eh...ralat perahu kertas.  Waktu baca tuh novel aku larut melebur dalam ceritanya. Busetttt....... kata-kata mbk Dee bener-bener terasa banget di hati. Penuh makna. Biasanya aku paling males kalo baca novel tebel trus critanya garing abis. Apalagi kalo teenlit. Tapi perahu kertas beda. Tebel berisi. Emang sih katanya nggak seberat novel-novel sebelomnya. Tapi bener lho...!!! NIH NOVEL TOP ABIS.

Emang pas baca bab pertama kesannya tuh cerita kayak teenlit. Soalnya tokoh-tokohnya masih remaja baru lulus SMA. Tapi pas nyampek bab yang tengah ceritanya lebih dari teenlit. lebih berbobot daripada teenlit. Gaya bahasanya juga dalem banget walopun nggak ada unsur sains seperti supernova. Melalui tokoh Keenan dan Kugi de el el kita jadi ngerti apa yang dimaksud dengan pengorbanan, perjuangan, cinta, kejujuran,impian dan arti persahabatan. Kugi cewek berantakan kerap kali dicibir ama orang-orang gara-gara pengen jadi penulis dongeng. Tapi ia tetep  pede ajah ama impiannya. Begitu juga Keenan, Ia hanya dipandang sebelah mata sama bokapnya gara-gara pengen jadi pelukis. Tapi sama seperti Kugi, ia tetep nggak nyerah buat ngejar impiannya. Mereka berdua pun saling mengagumi dan jatuh hati. Tapi nasib tak berpihak. Cinta mereka harus terpisah sekian lama. hingga akhirnya mereka harus mengalah, harus mengorbankan cinta mereka demi kebahagiaan orang laen. Hingga pada akhirnya cinta  mereka kembali pada tempat yang sesungguhnya. Seperti perahu kertas di kali yang akan kembali ke laut.


Pokoknya tiap baca kita bisa ngerasa melebur dalem critanya. Nangis, ketawa, seneng, sedih campur aduk jadi satu kayak bubur ayam versi gado-gado. Dahsyat banget nih novel. kayak narkoba, bisa bikin kecanduan  pembacanya. Mbk Dee bikin lagi novel yang bisa bikin kecanduan ya...!!!!!!



Satu hal yang aku paling suka dari Si Kugi ama Si Keenan. Penulis dan pelukis..
 Hehehehehe.... aku juga suka melukis dan menulis. Walopun lukisan ama cerpen aku berkualitas sampah toilet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar